Cara Memperbaiki Komputer Mati


Hallo Sobat Venus komputer, Pernahkah anda pada saat mau menggunakan komputer untuk mengerjakan tugas ternyata komputernya malah mendadak tidak bisa di hidupkan..?. Di sini saya akan memberikan Anda solusi untuk memperbaiki komputer sendiri di rumah, jadi tidak usah pergi ke tempat servis komputer dl ya. Untuk kasus ini yang akan saya bahas adalah kerusakan komputer mati total. Sebelum kita mencoba memperbaiki, perhatikan dulu ciri-ciri komputer mati itu seperti apa ya agar sobat tidak salah servis.

Berikut adalah beberapa ciri-ciri umum saat komputer mati:

  • Tidak ada tanda-tanda daya: Ketika komputer mati, tidak ada tanda-tanda kehidupan sama sekali. Tidak ada lampu indikator yang menyala, kipas tidak berputar, dan layar tidak menyala.
  • Tidak ada suara atau aktivitas: Saat komputer mati, Anda tidak mendengar suara apapun seperti bunyi kipas atau suara dari unit penyimpanan maksudnya adalah hardisk. Tidak ada aktivitas yang terjadi pada komputer.
  • Layar mati: Jika komputer mati otomatis layar tidak akan menyala. Tidak ada tampilan apapun dan tidak ada respons terhadap input dari keyboard atau mouse.
  • Kondisi listrik normal: Saat komputer mati, tidak ada tegangan yang terjadi di dalamnya atau konslet. Anda mungkin juga tidak mendengar suara dari power supply atau sumber daya lainnya.
  • Tidak ada respons terhadap tombol power: Ketika komputer mati, pada saat menekan tombol power tidak akan menghasilkan respons apapun. Komputer tidak menyala atau menunjukkan tanda-tanda kehidupan.
Apabila sobat venus sudah tau ciri-cirinya, berikut adalah beberapa hal yang bisa dapat Anda cek:
  1. Koneksi daya: Salah satu penyebab komputer mati adalah koneksi daya. Periksa kabel power yang terhubung ke komputer dan pastikan kabel tersebut terpasang dengan baik. Pastikan juga kabel power tidak rusak atau terlipat jika rusak bisa langsung ganti.
  2. Sumber daya listrik: Pastikan bahwa sumber daya listrik di rumah atau tempat Anda cukup stabil. Anda dapat mencoba menggunakan colokan yang lain atau mencolokkan komputer ke sumber daya listrik yang berbeda untuk memastikan masalah bukan karena masalah pada sumber daya listrik.
  3. Tombol Power: Periksa tombol power di komputer Anda. Pastikan Anda menekannya dengan benar. Biasanya masalah pada tombol power ini bila ditekan berulang kali kadang-kadang nyala. Jika masalahnya adalah tombol power yang rusak bisa lakukan perbaikan dengan melepas switch power yang di cassing lalu periksa apakah ada kabel putus atau hanya posisinya yang tidak benar jika iya segera diperbaiki.
  4. Power Supply: Periksa power supply (sumber daya) komputer. Pastikan kabel power yang terhubung ke power supply terpasang dengan baik. Perhatikan apakah ada lampu indikator pada power supply yang menyala atau tanda-tanda kehidupan lainnya. Jika tidak ada respon sama sekali maka lakukan penggantian Powersupplynya. 
  5. Prosesor, RAM dan VGA: Coba periksa apakah komponen tersebut terpasang dengan benar. Anda dapat mencoba melepas dan memasangnya kembali untuk memastikan tidak ada masalah dengan koneksi fisiknya. Jika pemasangan komponen tersebut tidak benar maka dipastikan komputer tidak akan bekerja.

Jika semua tadi sudah di lakukan ternyata masalahnya masih berlanjut, saya sarankan untuk datang ke tempat servis komputer yang berpengalaman, dikarenakan kerusakan pada komputer anda betul-betul kondisinya rusak cukup parah.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Komputer Mati"